25.2.13

saat makanan berubah menjadi candu

bagaimana jika kita kecanduan makanan? seperti jenis adiksi lain, kecanduan makanan dapat menurunkan kualitas hidup seseorang, membuatnya terisolasi, dan memperburuk kondisi fisik maupun mental. inilah yang disebut dengan gangguan makan atau dalam bahasa yang lebih mendunia, eating disorder.

konon, saat seseorang menderita adiksi, termasuk adiksi makanan, perkembangan mentalnya akan berhenti. jika adiksi dimulai saat 13 tahun, penderita gangguan makan itu memiliki cara berpikir dan mentalitas anak remaja, meskipun sesungguhnya dia sudah berkepala tiga atau empat.

pernyataan tersebut terlihat jelas dalam serial dokumenter dalam lima episode yang ditayangkan di E! tahun 2010. judulnya What's Eating You.

serial dokumenter ini menampilkan berbagai jenis gangguan makan. mulai yang umum seperti bulimia adan anorexia, sampai yang ekstrim seperti pica. perempuan yang menderita pica di dokumenter ini punya gangguan makan kapur sebagai camilan. total ada 10 cerita dengan 10 orang penderita gangguan makan. mulai dari yang remaja hingga dewasa, yang perempuan dan laki-laki, yang super kurus sampai yang super gemuk. semua bisa terkena gangguan makan.

dan, semua gangguan makan yang dikisahkan pasti disertai dengan gangguan psikologis. hampir semua masalah ditangani dengan terapi psikologis, meskipun tetap ditambah dengan bantuan medis dan konsultasi gizi, tapi yang saya liat terapi yang paling berperan adalah psikologis. 
 



Episode #1 (part 1)



Episode #1 (part 2)

Episode #1 (part 3)

Episode #1 (part 4)



Episode #1 (part 5)

 
 Episode #2 (part 1)


Episode #2 (part 2)

 Episode #2 (part 3)

 Episode #2 (part 4)
 
Episode #2 (part 5)


Episode #3 (part 1)
  
Episode #3 (part 2)

Episode #3 (part 3)

Episode #3 (part 4)


Episode #3 (part 5)


Episode #4 (part 1)

Episode #4 (part 2)

Episode #4 (part 3)

Episode #4 (part 4)
  
Episode #4 (part 5)


Episode #5 (part 1)

Episode #5 (part 2)

Episode #5 (part 3)

Episode #5 (part 4)

Episode #5 (part 5)



kutipan yang paling membekas ada di episode dua, dari andrew, 23 tahun dari new york. laki-laki bulimia dengan kecenderungan masokis.


"People think you could just stop this cause it’s not like actual drugs like crack. But food is more deadly than you think. You can’t survive without food. So how do you get better when your drug you can’t eliminate totally?"





apa yang terjadi saat makanan berubah menjadi candu?  bagaimana cara menghentikan kecanduan kalau ke mana pun kita pergi bertemu dengan makanan? pun kita harus tetap makan bukan?

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar